PAYA LIPAH – Asosiasi Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah (APSKPS) kembali menggelar secara daring webinar Workshop Kurikulum Outcome Based Education (OBE) yang diikuti oleh puluhan program studi perbankan syariah yang tersebar di seluruh Indonesia, Kamis, 24 Juli 2025.
Dalam kegiatan tersebut, Ketua Prodi Perbankan Syariah UIA Pocut Ainiah, SE ME juga ikut serta yang baru saja menjadi bagian dari asosiasi tersebut.
“Kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam penguatan kurikulum berbasis luaran yang berorientasi pada kualitas lulusan dan keterkaitan langsung dengan kebutuhan dunia kerja,” sebut Pocut.
Salah satu isu strategis, kata Pocut yang diangkat dalam workshop ini adalah terkait lemahnya kompetensi lulusan prodi perbankan syariah di beberapa aspek utama.
“Keterbatasan dalam strategi komunikasi profesional, penguasaan teknik pemasaran perbankan, serta lemahnya pemahaman dan penerapan konsep-konsep muamalah secara praktik di dunia kerja masih menjadi isu dalam pembahasan kurikulum ini,” katanya.
Workshop yang dibuka Ketua APSKPS, Dr Saiful Bahri, MM menyampaikan urgensi penyeragaman kurikulum antar program studi keuangan dan perbankan syariah.
“Kita perlu membentuk kurikulum acuan sebagai standar nasional, dari setiap program studi juga harus ciri khas agar berbeda dan unggul dari prodi lainnya,” sebutnya.
Adanya workshop ini, tambah Saiful, kedepan agar bisa mendorong penyusunan kurikulum berdampak yang mampu menjawab tantangan kebutuhan industri, terutama dalam kompetensi lulusan.
Dalam pelaksanaan workshop, seluruh perguruan tinggi anggota APSKPS nantinya akan dibagi ke dalam empat kelompok kerja.
“Akan ada nantinya kelompok yang merumuskan visi keilmuan program studi dan menyusun Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), disusul dengan penyusunan Body of Knowledge, menentukan daftar mata kuliah penciri khas prodi Perbankan Syariah, dan membahas struktur kurikulum, termasuk mata kuliah wajib asosiasi, mata kuliah pilihan, serta ruang inovasi bagi masing-masing institusi,” jelasnya.
Belum ada komentar